Untitled Document
PT TACHI JINO - Perusahaan Jasa Inspeksi Teknik, Sertifikasi K3 dan Pelatihan K3
Untitled Document
Untitled Document
 
Untitled Document
Untitled Document
 
LOCATION VISITOR
NEWS
PERAWATAN DAN PEMERIKSAAN MOBIL CRANE
Source : LANGKAH PERAWATAN MOBIL CRANE / Post date : 23-10-2018

Kendaraan kontruksi diciptakan semakin aman dan berfungsi maksimal. Sebagian besar kalangan industri modern memilih menggunakan mobile crane untuk memindahkan barang-barang di area terbatas. Selain itu, dalam segi perawatan juga lebih mudah dibanding crane besar yang biasa ada di area kontruksi.

pemeriksaan rutin yaitu perawatan dengan interval setiap hari sampai bulanan. Inspeksi ini biasanya dilakukan pada awal setiap shift oleh operator dengan berjalan di sekitar crane mencari masalah yang bisa dilihat langsung dengan mata.
. Karena komponen memiliki pengaruh langsung pada keselamatan crane dan statusnya dapat berubah dari hari ke hari, pemeriksaan harian wajib dilakukan. “Saat truk crane digunakan, amati setiap kemungkinan kerusakan yang muncul sehingga kecelakaan kerja bisa dicegah.
Guna menentukan kapan crane aman untuk beroperasi, inspeksi harian harus dilakukan pada awal setiap shift yang mencakup:
1. Periksa seluruh komponen yang bergerak. Pastikan fungsi hidrolis dan kinerja lainnya normal.
2. Periksa secara visual setiap komponen dari crane yang digunakan dalam fungsi mengangkat, mengayun, atau
menurunkan beban.
3.Periksa semua wiring yang menghubungkan perangkat.
4.Periksa rotasi bebas dalam semua keadaan.
5. Periksa secara visual boom atau jib dalam hal sudut tegak lurusnya.
6. Periksa kondisi ban dan tekanan angin yang tepat.
7. Periksa derek secara visual dari kebocoran perangkat pendukung hidrolik.
8. Periksa secara visual bahwa mesin dan perangkat mendapat pelumasan yang tepat.
9.Periksa bahwa crane dilengkapi dengan alat pemadam kebakaran yang berfungsi dan operator memahami cara penggunaannya.
10. Periksa konektor-konektor yang ada dari retak las, baut longgar atau hilang.
11. Ketika memeriksa outrigger (kaki penyangga) pastikan bahwa tidak ada bagian yang terdistorsi. 
12. Periksa semua rem dan kopling.
13. Selalu periksa boom dan alat bantu operator lain, seperti perangkat anti-two block (ATB) dan load moment indicator (LMI).
14. Saat mesin berjalan, periksa panel indikator dan lampu peringatan.
15. Periksa setiap kaca dari retak.


Inspeksi kedua bersifat periodik yang bisa dilakukan untuk interval perawatan secara periodikal dari sebulan sampai 12 bulan.Prosedur ini ditujukan untuk mengetahui perlunya perbaikan atau penggantian komponen serta menjaga mesin dalam kondisi operasional yang baik.





Mengetahui,



PT. Tachi Jino -Batam.
 
 

 
 



 
Untitled Document
copyright © 2013 - 2017 PT TACHI JINO , all right reserved | best view @ mozilla firefox | [ webmail ]
Design by imtas.web.id